Bahan Sermon PJJ Tgl 26 Mei 2021

 Roma 12:4-8
 Kerina ring-ring lit gunana

Voice Recording Bahan Sermon PJJ= Klik di sini

Kitab Roma berisi tentang Dogma ataupun pengajaran tentang iman yang benar kepada Yesus Kristus ( 1:16-17) Itulah keistimewaan kitab Roma dibandingkan dengan kitab dan surat-surat Paulus yang lainnya. Dalam Roma Psl 12  Paulus  mengingatkan orang-orang  Kristen tentang etika hidup sebagai orang percaya, dalam kaitannya dengan hubungan sosial antar sesama manusia dan ciptaanNya, karena itu dalam 1Kor 12: berbicara tentang anggota tubuh, 1 Kor 14, berbicara tentang karunia-karunia iman, karena itu harus diikat kepada kebenaran Kristus dalam kasih sejati yakni dalam 1 Kor 13.  Dalam surat Efesus 4: 11-12: Paulus menjelaskan dengan karunia-karunia yang ada tujuannya adalah untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan  dan bagi  pembangunnan tubuh Kristus.  Gambaran kehidupan pelayanan dilihat dalam dua persepektif yakni melalui Talenta: diturunkan/ diwariskan dan ada yang dapat melalui pengajaran dan pengalaman, tetapi Karunia Rohani: Allah sendiri melalui Roh Kudus   yang telah memberikan kepada kita berdasarkan kemampuan dan karakter pribadi masing-masing. Karena itu:

  1. Kesatuan bersifat organik, artinya tidak ditempelkan tetapi diikat dan bertumbuh. Bukan seperti gerbong kereta api, kalau ada gerbong yang rusak, maka gerbong itu bisa dicopot dari  rangkaian kereta. Tetapi tubuh itu berkait satu dengan lain secara organik, kesatuan dari tiap anggotanya lebih besar daripada bagian-bagian itu sendiri, menjadi satu sistem yang terkait satu dengan yang lain dan setiap anggota tubuh mempunya relasi yang vital, hidup dengan kepala dan dengan bagian tubuh yang lain.
  2. Berbeda dan bervariasi. Sebab sama seperti di dalam satu tubuh, mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama. Setelah Tuhan menciptakan segala sesuatu, Tuhan melihat semuanya adalah baik, Dia sendiri senang karena adanya berbagai macam keragaman.
  3. Memiliki fungsi yang berbeda-beda. Semua harus sama-sama bekerja, tetapi setiap orang berharga di mata Tuhan, dan dalam melakukan fungsinya juga harus sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan.  
  4. Setiap fungsi berkaitan dengan kepala dan hati. Tidak ada satu bagian tubuh-pun yang boleh bertindak secara independent. Dia hanya bisa berfungsi, dan mempunyai arti hanya dalam kaitannya dengan bagian tubuh yang lain. Kepala yang mengatur apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota tubuh.  Karunia yang Tuhan berikan itu bukan untuk kita sendiri, tetapi karunia itu untuk digunakan demi kebaikan seluruh tubuh, untuk kemuliaan kepala yaitu Yesus Kristus.   

Tema: Kerina ring-ring lit gunana bial berfungsi dan difungsikan dengan baik.

  1. Pentakosta: Semangat jemaat mula-mula: Jemaat itu subjek ( pelaku), masing-masing dengan iman dan Roh mengambil bagian dalam tugas pelayanan yang berbeda, namun saling melengkapi sehingga jemaat bertumbuh dan berkembang. Semangat ini harus menjadi pertanyaan Dalam diri kita: 
  2. Sejak saya jadi Pelayan, sejak saya menjadi pengurus PJJ, Kategorial, sejak menjadi anggota jemaat, apa yang telah saya lakukan untuk Tuhan dalam rangka pembangunan gereja secara utuh.
  3. Setelah Tuhan memperlengkapi saya dengan  karunia rohani: Apakah yang telah saya lakukan bagi Tuhan, sesama. Apakah saya lebih banyak menerima, menunggu ataukah saya lebih banyak aktif dan membangun pertumbuhan iman keluarga, tetangga, jemaat dan masyarakat?.
  4. Kita masing-masing diperlengkapi oleh Tuhan, supaya mampu menjadi garam dan terang bagi dunia ini, serta menjadi pembawa berkat agar dunia percaya bahwa Kristus adalah Juruslamat.(Joh 14:6, Fil 2:11). Karena itu kita harus keluar dari setiap zona nyaman, yang terkadang meninabobokkan sehingga iman kita tertidur dan hanya melahirkan mimpi-mimpi kosong, serta melemahkan pengharapan kita. Tetapi sebagai bagian-bagian dalam tubuh, jangan diam sebab itu adalah sakit  dan dapat memberi pengaruh yang tidak baik bagi tubuh itu sendiri. Tetapi marilah melangkah kepada zona iman (tantangan), disanalah kita dapat memberi sesuatu yang baru dan memberi sukacita bagi Tuhan dan yang lain.
  5. Kita memang berbeda, tetapi dalam perbedaan itu kita harus Bersama dan Bersatu dalam ikatan iman dan kasih sehingga masing-masing memberi andil. Mulailah itu dengan hati nurani yang suci, bersih, lalukanlah dengan motivasi yang benar yakni memuliakan Tuhan, sebab Tuhan memberikan Karunia itu sendiri agar melalui perbedaan itulah kita dapat saling membangun dan mengasihi. Dosa tidak saja melanggar Firman Tuhan namun dosa ketika tidak mau  melakukan kebaikan padahal kita mampu untuk melakukannya.